Connect With Us

Salju Shop - Kupon Diskon Ekslusif
25 Agustus 2009

Web Blog Instant Menggunakan Macromedia Dreamweaver Mx

0 komentar

Cara paling gampang untuk mempunyai sebuah web blog pribadi tanpa harus bersusah payah belajar PHP, ASP, Javascript, atau bahasa pemrograman web lainnya adalah memanfaatkan situs internet yang menyediakan layanan web blog secara instant.


Cukup dengan mengetikan alamat http://www.Blogger.com , atau http://www.Xanga.com , atau http://www.LiveJournal.com , atau yang lainnya, registrasi sebentar, lalu jadilah kita punya sebuah web blog pribadi. Cepat, mudah dan tentu saja gratis !!!.

Tapi bila anda menginginkan sebuah web blog yang nggak instant banget ( yang menurut temen aku katanya kalo bikin sendiri jadinya nggak keliatan “bego banget” ), maka Macromedia Dreamweaver cukup efektif untuk mewujudkan keinginan anda tersebut.

Asal anda tahu dasar – dasar penulisan HTML ( atau minimal pernah menggunakan Macromedia Dreamweaver ), itu sudah lebih dari cukup untuk membuat sebuah web blog yang agak sedikit “ berkelas ” tanpa harus menguasai benar akan bahasa pemrograman PHP.

Tulisan ini berisi tutorial pembuatan web blog dengan Macromedia Dreamweaver, pada server yang mendukung PHP dan MySQL. ( Tentunya untuk pemula seperti saya dong! )

Tool yang perlu kita persiapkan untuk membuat web blog tersebut disamping Macromedia Dreamweaver tentunya ( penulis menggunakan Macromedia Dreamweaver MX ) adalah Apache Server ( penulis menggunakan AppServ 2.4.4a ) dan tentu saja browsernya ( penulis menggunakan IE 6.0 ).

Sebagai persiapan, buka Windows Explorer anda, pada direktori c:/appserv/www ( penulis menginstal AppServ di drive c:/ ) buat sebuah folder kerja dengan nama my_blogger . Didalamnya, buat 3 sub direktori baru masing – masing dengan nama templates , blogger , dan satunya lagi images .

Buat sebuah GIF Image ukuran 800 px X 115 px, simpan dengan nama banner.gif dalam subdirektori images. Images ini akan kita pasang sebagai heading web blog kita nanti.

Leave a Reply