Connect With Us

29 Agustus 2009

Membuat Logo 3D di Photoshop

0 komentar
Huff... Sekarang saya mau postingin salah satu car buat logo di photoshop. Setelah lama browsing akhirnya nemu juga. hehehehehe.......... Masi copas yah.. tapi gag dilarang kan ^^ berbagi ilmu itu baik... :D

Belajar membuat logo 3D di photoshop, tutorial ini saya pelajari dari Deviantart. Kali ini saya akan menerangkan sedikit cara cara membuat Symbol 3D Logo. kali ini saya akan menggunakan Symbol logo dari DigiArtBali.com ( @ ) untuk mencoba anda bisa menggunakan huruf huruf ( typhography ) .





Before=After

Buka adobe photoshop. disini saya gunakan Adobe Photoshop cs3. pastikan computer anda sudah terinstall Adobe photoshop. buka halaman baru ( File -> New ) kemudian pilih ukuran gambar yang sesuai dengan yang anda inginkan. Pilih Text Tool ( T ) Kemudian mulai ketikkan huruf yang akan anda rubah menjadi Logo 3D. atur ukuran dan warna sesuai dengan yang anda inginkan. disini saya sudah memiliki gambar ( @ ) yang sebelumnya sudah saya buat di Corel X3.



Selanjtnya click kanan pada Layer Text ( T ) ( seperti Gambar ) kemudian click Rezterize Type ( untuk merubah mode Text ke Mode Gambar ) kemudian saya mengganti nama layer terebut dengan dengan nama LOgo . kemudian pilih Move tool tool paling atas pada sisi kiri photoshop ).



Kemudian dengan move tool kita rubah kemiringan gambar yang sudah dimiliki ( @ ) dengan menggeser kotak kecil pada tiap pojok gambar sambil menekan ( Alt pada key baoard ) , pastikan sebelumnya ( show transform control sudah dicentang ).







Kemudian pilih lagi layer Logo, sambil menekan ( Alt ) tekan tombol bawah ( tandapanah bawah pada keyboard ) untuk menduplikasi layer logo, tekan lah beberapa kali sampai layer ter copy beberapa kali dan kelihatan memiliki ketebelan kebawah. sehingga akan muncul Layer Logo Copy - Layer Logo copy 10.





Selanjutnya pilih layer logo copy, dan tekan Shift dan tahan sambil pilih Layer Logo copy 10. sehingga layer logo copy - layer logo copy 10 terpilih semua. kemudian klik kanan pada salah satu layer yang sudah di blok, dan pilih Merge Layer ( untuk menyatukan layer logo copy sampai layer logo copy 10 ). sehingga akhirnya jadi 2 layer ( logo & logo copy 10 ). kemudian pindahkan layer logo copy 10 supaya menjadi di bawah layer logo.

Selanjutnya pilih Burn Tool () kemudian rubah ukuran brush menjadi 250 ( atur sesuai kebutuhan ) dan piling Range : highlights dan Exposure : 100%. kemudian lakukan Burning pada layer Logo Copy 10. gunakan imajinasi anda untuk memilih bagian gelap terangnya dan menentukan dari arah mana datangnya cahaya, sehingga kelihatan gelap terangnya. untuk membuat bagian terangnya lakukan burning sambil menekan ( Alt ) pada keyboard. lakukan juga burning pada layer logo, sesuai dengan imajinasi anda.





Dengan tambahan sedikit imajinasi anda, anda bisa mengembangan teknik pencahayaan sesuai dengan yang anda ingin kan. sedikit sentuhan akhir, kita akan memberikan evek cahay berkilau, pilih Filter - Render - Lens Flare. letakkan kilauan cahaya sesuai dengan yang anda inginkan, pilih lens type 50-300mm atau anda bisa mencoba coba pilihan yang lain. lakukan teknik Lens Flare pada kedua layer.



Sehingga hasil akhirnya kira kira seperti dibawah.



Semoga tutorial ini berguna. Walaupun hasilnya tidak benar benar 3D tapi setidaknya Logo yang anda ciptakan bisa kelihatan lebih berdimensi. Dengan kreativitas yang anda miliki, trik trik dasar diatas akan dapat anda kembangkan menjadi lebih sempurna. Dengan sering sering latihan.. segala sesuatunya pasti bisa terjadi.

Leave a Reply