Connect With Us

24 Agustus 2009

Membuat Historical Foto Buat Hiasan Dinding

0 komentar

Software : Adobe Photoshop CS doang.


Kadang kita suka kehabisan ide untuk membuat hiasan dinding pake foto-foto kenangan. Saya kasih solusi amat sangat sederhana tapi keliatan elegan yang mungkin bisa dipake yaitu Membuat Historical foto ( foto bersejarah ) dalam 1 Frame ukuran 10R.


Ada beberapa ukuran 10R tapi Saya pake ukuran 10R Small (20×25 cm ) - CMIIW ( Correct Me If I’m Wrong) :)


Daftar Ukuran Standard Foto buat Cetak :


ukuran foto


Caranya.. buat dokumen baru Ukuran 10 R Small ukuran 20 x 25 cm - ., Bisa juga dibuat dengan ukuran-ukuran yang tertera di atas tapi sesuaikan dengan keperluan aja..Tapi yang penting resolusi nya 300 px. karena buat dicetak nantinya.


edit foto1


Atur jendela dokumen agar dalam edit foto nanti mudah.. Misal diberi garis bantu.. Caranya :


Klik View > Ruler ( Untuk menampilkan Penggaris di samping kiri dan atas)


Klik View > Snap ( supaya cursor mouse langsung menempel kalo ada garis bantu atau di tengah Dokumen untuk menandakan Letak titik tengah)


Buat garis bantu Horizontal : klik di penggaris di atas lalu Drag ke bawah.. atur..


Buat garis bantuVertikal : Klik penggaris di samping kiri lalu DRAG ke kanan.. atur..


edit foto2




Pokoknya atur sedemikian rupa, supaya dalam pengeditan jadi mudah dan gampang.. iya tho? mantep tho? hehehe..


Siapin foto-foto (6 Foto) sejarah nya.. saya pake Foto Anak saya dari umur 5 bulan sampe 5,5 Tahun (sekarang) Pilih saja foto-foto yang bisa mewakili setiap story. Jadi disini saya pake foto anak saya waktu umur 5 bulan, 1, 2 ,3 , 4, dan 5 tahun. Ayo cari foto-foto bersejarah .. kan bagus buat diabadiin. masih inget kan Stop Dreaming Start Action


Oke .. sekarang kita buka satu persatu.. saya buka foto waktu umur 5 bulan dulu..


edit foto3


Crop ..! sebelum di crop, atur dulu sehingga hasil crop nya sesuai dengan kemauan kita.


Setelah di crop.. Drag ke Dukumen baru tadi..


edit foto4


Buat garis bantu lagi.. supaya nanti lurus dengan foto bawah dan samping nya..


Crop foto kedua.. dengan settingan yang sama dengan pertama..


edit foto5


Singkatnya .. Edit semua foto / Crop dengan ukuran yang sama .. hasilnya


edit foto6


Hasilnya :


edit foto7


Save Ke JPEG…


Cetak di FUji Film atau Adorama atau Tempat cetak dengan ukuran 10R Mode nya DOFT.. jangan Glosy yaa untuk hasil lebih bagus.


NOTE : Garis bantu gak akan kecetak, itu sekedar garis bantu aja..


Kalo sudah selese cetak.. Bingkai pake bingkai kayu warna putih.. hasilnya pasti keren.. saya juga pake metode ini buat hiasan dirumah.. hehehe.


Sekedar Share aja.. moga-moga manfaat. .





Artikel Membuat Historical Foto Buat Hiasan Dinding ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Stop Dreaming Start Action mudah-mudahan bisa memberi motivasi untuk lebih mendalami Adobe Photoshop dan lebih PEDE.


Leave a Reply